Reaksi Tubuh Setelah Minum Soda

by - 09:59

Assalamualaikum wr.wb

Minuman bersoda sudah sering kita jumpai. Minuman bersoda sudah biasa sebagai hidangan di berbagai warung makanan cepat saji sebagai pelengkap selain air putih. Biasanya juga minuman bersoda sering digunakan sebagai minuman ringan untuk penyegar dan penghilang rasa kantuk. Minuman bersoda sering kita jumpai di berbagai kota besar. Di berbagai penelitian, telah mengungkapkan tentang bahaya minum soda dan terdapat reaksi tidak baik dalam tubuh setelah satu jam minum soda. Bagaimana sih reaksi minuman soda setelah satu jam didalam tubuh?

Reaksi pada 10 menit pertama
Kada gula sudah memasuki tubuh sekitar 10 sendok makan. Rasa manisnya tertahan oleh asam fosfor sehingga mengurangi rasa manisnya agar tidak terasa mual.

source

Reaksi pada 20 menit pertama
Tingkat darah meningkat, mengaktifkan kadar insulin. Liver kemudian bereaksi untuk mengubah gula menjadi lemak sehingga gula terkumpul cukup banyak sekali dalam sirkulasi tubuh.

Reaksi pada 40 menit pertama
Kafein diserap, tekanan darah meningkat dan pupil mata mulai melebar. Liver akan membuang lebih banyak gula pada aliran darah. Reseptor adenosine dalam otak terblokir dan menyebabkan kantuk.

Reaksi pada 45 menit pertama
Proses pada 45 menit hampir sama seperti cara kerja heroin yaitu tubuh meningkatkan produksi dopamin sehingga menimbullkan rasa senang. 

Reaksi setelah 60 menit
Dosis gula dan pemanis buatan dengan kadar yang sangat tinggi meningkatkan eksresi kalsium. Asam fosfat yang mengikat kalsium, magnesium dan seng pada usu bawah mendorong metabolisme tubuh. Efek diuretik pada kafein mulai bekerja, akan menyebabkan kita sering buang air kecil. Magnesium yang terikat akan keluar bersama urine.

Reaksi setelah lebih dari 60 menit
Setelah bereaksi lebih dari satu jam, kita akan mudah marah karena tekanan darah yang awalnya naik menjadi turun kembali. Tubuh sedang berusaha keras untuk mengeluarkan semua cairan dari minuman yang bersoda sehingga memerlukan nutrisi dan mineral yang cukup. Biasanya akan menyebabkan dehidrasi.

Jadi, bagi para orang yang aktif minum soda, sebaiknya kurangilah minuman bersoda karena menyebabkan efek yang kurang baik dalam tubuh. Banyaklah minum air putih agar kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi. Terima kasih yang sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Sumber :
lifestyle.dreamers.id   

You May Also Like

6 comments

  1. kebetulan saya sudah lama enggak minum soda, kalo enggak salah terakhir minum soda ditahun 2013 apa ya. Artikel yang menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiii hebat banget ya udah lama banget ga minum soda^^ Alhamdulillah, makasih banyak ya udah dibilang menarik:)

      Delete
  2. untungnya aku gak minum soda, dari dulu perutku gak kuat dg soda

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko bisa gitu ya? padahal minum soda enak banget, etapi kalo terlalu banyak juga ga bagus sih. Bagus deh kalo ga minum yang kaya gituan :)

      Delete