Tanda 'Bulan Sabit' Pada Kuku menandakan Kondisi Kesehatan

by - 10:35

Assalamualaikum.wr.wb

Keberadaan bulan sabit pada pangkal kuku atau yang biasa disebut lunula bisa menunjukkan kondisi kesehatan dan tidak bisa dianggap sepele. Lalu lunula yang menunjukan kondisi tubuh yang sehat itu seperti apa sih? Lunula yang sehat adalah yang berwarna merah transparan. Lalu, penyakit apa yang terjadi jika ada tanda pada lanula yang tidak sehat? Jawabannya adalah....Yuk baca sampai bawah!

sumber : www.dream.co.id
Macam-macam penyakit yang ditandai dengan lunula yang tidak sehat
 Lunula dapat menandakan kondisi kesehatan, Apa saja ya penyakit yang terjadi apabila ditandai dengan lunula yang tidak sehat?

1. Anemia atau kekurangan gizi
Tidak adanya lunula pada pangkal kuku bisa jadi merupakan tanda anemia atau biasa disebut kurang darah dan bisa juga tubuh sedang kekurangan gizi.

2. Penyakit Wilson's disease
Penyakit ini ditandai dengan warna lunula yang berwarna biru. Penyakit ini dapat menyebabkan sistem hati rusak, sistem saraf tidak berfungsi dan mengalami kematian. Hal ini disebabkan karena gangguan genetik yang diakibatkan tumpukan zat tembagadi organ vital, seperti hati, otak maupun kornea mata. Hal ini terjadi diakibatkan karena hati tidak bisa berfungsi mencerna zat tembaga dengan sempurna.

3. Diabetes Melitus
Warna lunula yang berwarna biru pucat bisa menandakan bahwa anda terkena penyakit diabetes melitus.

4. Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini ditandai dengan lunula yang berwarna merah. Bisa juga karena penyakit hematologic malignancies atau kanker darah.

5. Sirosis
Penyakit hati yang berat ini terjadi dengan ditandai dengan lunula yang menghilang dan permukaan kukunya berubah menjadi putih yang disebut juga Terry's nails. Biasanya terjadi pada semua jari kuku walaupun bisa juga muncul hanya pada satu kuku. Sekitar 80% pasien sirosis memiliki Terry's nails. 

Nah, sudah jelaskan bahwa tanda bulan sabit di kuku ternyata menandakan kondisi kesehatan. Sekarang cobalah periksa kuku anda. Terima kasih yang sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.


Sumber :
www.voa-islam.com
 
 

You May Also Like

1 comments