Kenapa Minta Maaf itu Susah?

by - 04:57

Assalamualaikum wr.wb

Di dalam hidup ini terkadang ada aja masalah yang dateng padahal hidup lagi tenang-tenangnya. Seringkali kita disakiti dengan perilaku orang lain bahkan tanpa sadar kita sendiri pun menyakiti hati orang lain sehingga muncullah masalah baru, musuh baru. Ha, udah biasa. Namanya juga manusia, punya banyak kekurangan. Ada yang menerima dan ada yang menolak atas kekurangan kita.

Hidup kita ini memiliki fase tersulit salah satunya adalah memaafkan dan meminta maaf. Loh kok kenapa susah? Iya, menurut saya pribadi memang sulit ntah kenapa. Saya masih remaja 17 tahun sudah pastilah masalah anak ABG mah pasti sama temen sekolah, temen main, sahabat dan yang ga terlewatkan adalah Masalah Cowo. Basi woy basi. Ya gimana lagi kenyataannya gitu. Terkadang saya mikir, cuma masalah cowo sampe berantem dan nambah musuh. Hahha gatau deh ABG masih labil emosinya.

Balik ke topik. Kenapa sih minta maaf aja susah banget? Inilah alasan kenapa sih minta maaf itu berat. Kita bahas yang mintaa maaf dulu ya!

1. Takut di tolak
Ini adalah alasan yang bener-bener mengahantui seseorang ketika melakukan kesalahan dan ingin meminta maaf. TAKUT DI TOLAK. Gimana sih rasanya ketika kita pengen minta maaf dengan tulus tapi malah di caci maki, disalah-salahin dan di tolak gitu aja? Sakit. Makanya pada males minta maaf duluan karna gamau sakit hati. Tapi ya cuek ajasih yang penting mau minta maaf.

2. Males tanggung jawab
Terkadang kalo minta maaf duluan itu identik dengan orang yang melakukan kesalahan apalagi kalo kesalahannya itu sangat fatal dan harus bertanggung jawab, jadi mungkin ini penyebabnya kalo kita terkadang males untuk minta maaf apalagi kalo orangnya suka kabur dari masalah.

3. Takut dianggap kalah
Yap bener, terkadang ada juga orang yang males minta maaf karna dianggap kalah dan penyebab masalah. Padahal kan belum tentu loh yang minta maaf duluan itu udah pasti salah. 

4. Ada rasa dihantui
Maksud kata-kata "dihantui" ini bukan berarti ada hantu atau apa ya, maksudnya ya terbayang-bayang tentang kesalahan kita terhadap orang tersebut, apalagi kalo punya masalah sama orang yang pendendam itu ya ribet sih, mau minta maaf dan ga minta maaf pun sama dia bakalan bales dendam juga. Jadi rintangannya itu ya gini.

Entah kenapa ya saya sendiri susah buat minta maaf, susah pokoknya. Bukan karna ingin kabur dari masalah tetapi takut hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi seperti berantem, atau apalah. Tapi kalo udah bener-bener punya mental ya gamau tau harus minta maaf, mau apapun jawabannya saya bakalan bersikap cuek. Lagian belum tentu juga saya yang salah.

Terkadang kita ngerasa ga salah apa-apa tiba-tiba ada aja yang menjauh, seakan kita punya salah. Kalo kalian punya mental baja dan bertanggung jawab, harus cepet-cepet nanya salah kamu apa dan minta maaf, kalo ga maafin yaudah diemin aja nanti juga kalo dia butuh bakalan mendekat kok.

Terus, kenapa maafin orang itu juga susah? Tunggu artikel selanjutnyaa...

sumber
 
   

 


You May Also Like

6 comments

  1. Tfs mbaak. . Minta maaf butuh introspeksi yg mendalam mbak, menyadari kalau memang salah.. Jd lbh butuh waktu dan tekad yg kuat 😁 salam kenal mbak yaa. .

    ReplyDelete
  2. Saya tergantung sih. Kalo memang apa yang saya lakukan salah, saya akan meminta maaf. Tapi kalau saya pikir yang saya lakukan baik-baik saja, hanya saja reaksi orang yang berlebihan, maka ya saya biarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi akumah diemin orangnya dulu kalo udah rada mereda baru minta maaf haha :D

      Delete
  3. Like... Iyaps bilang maaf aja, kayak nya mulut itu susah banget dibuka nya. Yah karena itu, malu mengakui kesalahan. Rasanya kalo mengaku salah itu berarti kita dipihak yang tidak benar, rasa nya harga diri langsung jatuh. Tetapi kalo kita sdh punya hati yang lapang, minta maaf duluan walaupun bukan kita yang berbuat salah jd terasa mudah saja. Salam kenal dari arha www.samaratulqalbi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA BENER BANGET! Harus punya hati yang lapang dan mental yang kuat buat minta maaf duluan dengan gampang haha.

      Salam kenal juga :) iya nanti aku mampir yaa..

      Delete